Arisandi Tardiana SEO Expert berpengalaman 15+ tahun lebih di dunia marketing profesional dan korporat. Berpengalaman menangani Digital Marketing terutama SEO perusahaan skala nasional yang bergerak dalam berbagai bidang bisnis. Lulusan S2 jurusan Ilmu Komputer ini juga dikenal sebagai perancang strategi bisnis retail maupun digital perusahaan yang berpengalaman.

Apa Itu SEO? Pengertian dan Manfaat bagi Pemilik Bisnis

4 min read

Apa itu SEO dan apa manfaat SEO bagi para pemilik bisnis? Sebagai seorang pemilik bisnis atau perusahaan tentunya memiliki website adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Namun, biasanya para pemilik bisnis tidak mengoptimalkan website perusahaan yang dimiliki. Apa kata mereka?

  • “Alhamdulillah, yang penting bisnis saya punya website”
  • “Masa bisnis sebesar ini gak punya website”
  • “Yang penting ada, bisnis saya tetep jalan kok dengan ada atau tidak adanya website”
  • “Bisnis saya ada website-nya, tapi gak tahu supaya datangkan pelanggan dari sana”

Di era digital saat ini, website bukan hanya sekedar pemanis bisnis, aset yang bersifat nice to have atau pajangan perusahaan belaka, namun sangat banyak yang bisa dimanfaatkan dari website tersebut. Salah satu manfaat terbesar website bagi pemilik bisnis adalah terjadinya transaksi penjualan. Bagaimana bisa website menjadi sumber transaksi penjualan? Dari mana customer datang? Jawabannya adalah dari Search Engine!

Lalu, bagaimana prosesnya? Penjelasan singkatnya adalah saat pengguna internet sedang mencari sesuatu untuk dibeli baik itu berupa barang maupun jasa di internet, pengguna tersebut pasti akan menggunakan search engine seperti Google dan Bing. Pengguna tersebut akan mengetikan yang barang atau jasa yang dicari dalam kolom pencarian. Search engine akan memberikan hasil pencarian dalam bentuk daftar yang dibagi menjadi beberapa halaman. Jika website kita terdapat dalam daftar yang dikeluarkan oleh search engine, dari situlah calon pelanggan pertama kita akan datang melalui website yang kita miliki.

Apakah kita pernah membayangkan jika calon pelanggan yang datang melalui website tersebut berjumlah seratus, seribu, sepuluh ribu bahkan jutaan setiap harinya? Berapa nilai transaksi yang akan kita peroleh dari calon customer yang datang secara terus menerus setiap harinya?

Sebagai pemilik bisnis, yang perlu kita pikirkan adalah:

  1. Bagaimana cara website kita terdaftar dalam mesin pencari seperti Google?
  2. Bagaimana cara website kita ada pada halaman terdepan hasil pencarian?
  3. Bagaimana cara website kita ada dalam urutan teratas di halaman pertama?
  4. Bagaimana agar banyak pengguna mesin pencari tersebut melakukan click atau mengunjungi website yang kita miliki?

Pertanyaan diatas jawabannya adalah dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah segala jenis kegiatan dimulai dari perencanaan hingga eksekusi yang dilakukan oleh pemilik website dalam rangka meningkatkan ranking atau posisi pada mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya. Fokus dari kegiatan ini adalah optimisasi kata kunci atau keywords. Keywords adalah kata, frasa atau kalimat yang digunakan oleh pengunjung website mesin pencari. Misalkan “rumah makan enak di bandung”, maka mesin pencari akan menampilkan website/blog/maps yang terkait dengan rumah makan, dengan rekomendasi rasa yang enak di kota Bandung. Mesin pencari akan melakukan pencarian di database-nya, artikel mana yang terkait dengan kata kunci atau keywords tersebut.

Selain menampilkan hasil pencarian, mesin pencari seperti Google akan melakukan ranking dari hasil pencarian tersebut. Dengan algoritma-nya, Google akan memberikan penilaian ke seluruh website terindeks. Dengan hasil penilaian tersebut, Google akan menampilkan hasil pencarian kepada penggunanya dengan urutan paling relevan untuk ditampilkan. Kenapa kita jika mencari apapun, selalu menggunakan Google? Karena Google selalu menampilkan hasil pencarian paling relevan sesuai yang sedang kita cari. Seolah-olah, Google bisa membaca isi kepala kita apa yang sedang kita cari.

Apa itu SEO? Bagaimana proses Google melakukan indeks pada halaman website

Disinilah fungsi dari SEO, yaitu segala teknik yang digunakan agar mesin pencari memberikan website kita nilai yang bagus dan dianggap paling relevan, sehingga website kita ada di urutan teratas. Semakin atas urutan website kita pada Google untuk kata kunci tertentu, semakin besar peluang website kita mendapatkan kunjungan atau traffic dari mesin pencari. Seperti halnya mall, semakin ramai akan semakin banyak transaksi bukan? Begitu juga website yang kita miliki, semakin banyak pengunjung, maka kesempatan untuk pengunjung tersebut untuk menjadi customer kita dan melakukan transaksi akan semakin besar bukan?

Manfaat SEO Bagi Pemilik Bisnis

Setelah kita mengetahui apa itu SEO, kita juga harus mengetahui manfaat apa saja dari SEO terutama untuk pemilik bisnis agar website yang dimiliki pemilik bisnis tidak hanya dijadikan sekedar pemanis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan menerapkan teknik SEO kepada website bisnis yang kita miliki, posisi website kita di hasil pencarian mesin pencari dapat lebih optimal dan posisinya menjadi unggul dibandingkan website pesaing. Dengan posisi yang lebih atas, maka peluang untuk diklik dan dikunjungi akan menjadi lebih besar. Berikut adalah manfaat SEO bagi pemilik website bisnis :

Mendapatkan Kunjungan Website

Bayangkan jika kita adalah pemilik restoran dan nama restoran kita menjadi rekomendasi nomor 1 di majalah kuliner nasional sebagai restoran terenak di Indonesia, apa yang akan terjadi pada restoran kita tersebut? Akan banyak pengunjung yang datang ke restoran kita, baik hanya sekedar ingin lihat, makan cemilan, hingga menjadi pelanggan tetap. Restoran yang ramai akan menarik mata orang lain yang melewati restoran kita, dan hasilnya akan semakin ramai restoran kita. Begitu pula dengan sebuah website bisnis, jika website kita dijadikan rekomendasi pertama dari hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu, maka secara otomatis akan makin banyak pengunjung atau traffic ke website kita. Semakin banyak pengunjung, semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dan transaksi.

Calon Customer Tertarget

Seorang calon customer mengetik di Google “jasa renovasi rumah mewah”, apa yang bisa kita analisa dari query pencarian ini? Customer tersebut dipastikan memiliki rumah mewah dan sedang membutuhkan jasa renovasi rumah mewahnya. Disini dengan jelas calon customer tersebut adalah calon pelanggan tertarget sesuai dengan segmen website dari pemilik bisnis renovasi khusus rumah mewah. Pemilik website bisnis bisa melakukan optimasi keyword “rumah mewah” agar pengunjung website hanya dari pemilik rumah mewah.

Contoh lain misalkan kata kunci “jasa pembuatan aplikasi perusahaan”, maka disini sangatlah jelas, bahwa ada perusahaan yang sedang mencari jasa pembuatan aplikasi. Maka pemilik website bisnis yang berada di urutan pertama hasil pencarian berpeluang besar untuk mendapatkan menjadi pembuat aplikasi di perusahan tersebut. Dengan teknik SEO, peluang untuk mendapatkan calon customer tertarget baik B2B maupun B2C bagi pemilik website akan lebih besar.

Brand Awareness

Apa keterkaitan brand awareness dengan hasil pencarian di Google? Semakin sering website kita tampil di halaman pertama Google akan semakin sering diingat oleh para pencari tersebut sekalipun belum di klik. Misal ada seseorang yang mencari “toko emas terbaik”, maka mesin pencari Google akan mengeluarkan daftar toko emas dengan rating yang tinggi dari Google Maps. Walaupun website kita tidak di klik oleh calon pengunjung tersebut, namun kemungkinan untuk diingatnya cukup tinggi, karena membaca satu per satu daftar toko emas yang ditampilkan Google. Jika pengunjung tersebut sering menggunakan kata kunci tersebut dan website bisnis kita sering tampil di halaman pertama hasil perncarian, maka akan brand bisnis kita akan sering diingat oleh calon pengunjung tersebut. Hal ini tentu baik untuk awareness dari brand yang kita miliki.

Trust Calon Customer

Website yang ditampilkan oleh mesin pencari di halaman pertama tentu dipastikan telah melewati proses algoritma yang panjang dan rumit dari Google sehingga dianggap website terbaik yang relevan berdasarkan kata kunci tertentu. Semakin baik posisi kita, semakin tinggi trust atau kepercayaan calon customer kepada website kita. Jika website bisnis kita tampil di Google Maps dan mendapatkan rating yang baik, maka kepercayaan dari calon customer dan pengunjung akan semakin tinggi.

Transaksi

Setelah pengunjung atau calon customer kita tersebut berselancar di website bisnis kita, ada 3 tipe perilaku dari pengunjung website, antara lain :

  1. Kembali ke halaman pencarian
  2. Bookmarks untuk dikunjungi kembali nanti
  3. Bertransaksi

SEO yang tertarget dapat menghasilkan transaksi penjualan pada website atau konversi

Tentunya kita berharap pengunjung tersebut tidak hanya berselancar tetapi terjadi juga transaksi atau dalam dunia digital marketing sering juga disebut sebagai conversion, artinya pengunjung tersebut telah terkonversi menjadi pembeli yang bertransaksi barang ataupun jasa yang ditawarkan dalam website bisnis yang kita miliki. Berdasarkan referensi dari geckoboard, jumlah conversion rate dari masing-masing website bervariasi, tergantung dari jenis industri bisnis dari website tersebut. Angka rata-rata adalah 1.84% s.d 3.71% pada ecommerce dan 2.35% s.d 5.31% pada website retail pada umumnya.

Itulah sekelumit tulisan singkat mengenai “apa itu SEO“. Tulisan ini diharapkan dapat membuka pikiran para pemilik bisnis yang belum memiliki website, pemilik bisnis yang sudah memiliki website ataupun pemilik bisnis yang sudah memiliki website dan menjalankan SEO namun belum mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu kunci letak kesuksesan SEO ada pada konsistensi dari pemilik website. Selain itu SEO adalah teknik yang gratis dibandingkan Google Ads yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Namun, jika belum memiliki staff khusus atau SEO Specialist di perusahaannya, bisa mencari jasa SEO terbaik dan terpercaya untuk dijadikan mitra dalam hal maintenance SEO pada website bisnis kita. Pada tulisan kami berikutnya akan kami jelaskan lebih detail mengenai jenis-jenis teknis SEO, cara kerja mesin pencari dan bahasan lainnya, sebelum fokus pada Lokal SEO.

Arisandi Tardiana SEO Expert berpengalaman 15+ tahun lebih di dunia marketing profesional dan korporat. Berpengalaman menangani Digital Marketing terutama SEO perusahaan skala nasional yang bergerak dalam berbagai bidang bisnis. Lulusan S2 jurusan Ilmu Komputer ini juga dikenal sebagai perancang strategi bisnis retail maupun digital perusahaan yang berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *